13.Ohara Matsuri (おはら祭り)

Hari Minggu lalu, saya bersama teman-teman mahasiswa asing yang belajar di jurusan bahasa Jepang di Kamimura Gakuen ikut tampil dalam perayaan salah satu festival tahunan terbesar di Kagoshima yang disebut Ohara Matsuri. Sekitar 50 an kontingen terlibat dalam festival menari ini. Sedangkan dari kontingen kampus saya sendiri beranggotakan sekitar 40 orang. Pada sore menjelang malam yang cerah, sejumlah jalan protocol di kagoshima ditutup dan dikosongkan dari kendaraan yang melintas guna melancarkan festival ini. Semua orang pun berkumpul di pusat kota kagoshima untuk menyaksikan tarian ohara matsuri yang dibawakan oleh partisipan dari berbagai daerah di kagoshima tidak terkecuali saya dan teman-teman dari jurusan bahasa Jepang yang merupakan mahasiswa asing.

Meskipun kami mahasiswa asing namun tidak berarti kami tidak lancar menari ohara matsuri mengingat saya dan teman-teman sudah mempersiapkan diri untuk tampil di festival ini dengan berlatih beberapa hari sebelum festival di kampus dengan diajarkan oleh guru pelatih khusus.Acara yang berlangsung kurang lebih sekitar 1,5 jam itu menyajikan hiburan tersendiri bagi warga kagoshima yang sangat antusias menyambut datangnya festival ini. Berbagai kelompok partisipan mengenakan pakaian adat festival jepang yang beraneka ragam yang sarat akan peninggalan budaya Jepang dan menari dengan semangatnya memecah malam yang sunyi. Pada poin ini saya sangat merasa salut pada warga Jepang yang hidup di Negara serba modern namun tetap tidak meninggalkan budaya kuno mereka yang sampai sekarang tetap dijaga dan dilestarikan dengan baik. Sungguh budaya merupakan unsur keindahan alami dari sebuah Negara menurut saya.

Saya merasa sangat bersyukur bisa terlibat langsung dalam acara ini, mempelajari secara langsung budaya Jepang dan berinteraksi langsung dengan orang Jepang, hal ini saya rasa bisa membuat kita sebagai orang Indonesia juga merasa untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya kita yang beraneka ragam. Jangan pernah melupakan budaya, karena sebenarnya itulah identitas Negara kita, Negara kesatuan Republik Indonesia. Salam dari meraputi kun di Kagoshima, Jepang.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です