16. Tahun Baru di Jepang

Halo teman-teman meraputi semua dimanapun berada. Sebelumnya meraputi kun mau ngucapin selamat tahun baru 2015 ya semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik lagi di tahun ini dan bias mendapatkan semua yang sudah kita rencanakan selama ini. Gimana acara perayaan tahun baru di Indonesia? Pasti meriah dengan pesta kembang api ya.

Nah pada kesempatan kali ini meraputi kun mau sharing sama teman-teman meraputi tentang pengalaman melewatkan tahun baru di Jepang. Tahun baru di Jepang merupakan agenda liburan musim dingin yang tidak terlewatkan bagi masyarakat Jepang. Tidak mau ketinggalan, sayapun melewatkan liburan musim dingin dan merayakan tahun baru saya di Kyoto, Jepang. Tidak seperti masyarakat Indonesia pada umumnya yang merayakan tahun baru dengan mengadakan pesta atau melihat kembang api, di Jepang mayoritas masyarakat Jepang melewatkan malam tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga dan makan “Toshikoshi Soba” (Mie Pergantian Tahun) dan pada saat detik2 pergantian tahun mayoritas keluarga Jepang pergi ke kuil untuk berdoa agar mendapatkan kebaikan yang lebih di tahun yang baru.

Bagi orang jepang, makna pergantian tahun adalah sebagai wadah bagi manusia untuk berbenah dari apa yang sudah dilakukan atau didapatkan ditahun lalu untuk bias menjadi sosok yang lebih baik lagi di tahun yang baru. Namun seiring dengan kemajuan zaman pada saat ini tidak sedikit anak muda Jepang yang sudah melupakan tradisi tersebut dan lebih memilih untuk melakukan pesta bersenang-senang bersama teman-teman atau pasangan. Kemarin pada saat pergantian tahun saya bersama teman orang Indonesia menyaksikan pesta kembang api pergantian tahun di Universal Studio Jepang. Mayoritas dari orang-orang yang berkumpul di sana adalah kaula muda Jepang baik individual, pasangan maupun berkelompok, semuanya melewatkan pergantian tahun dengan suka cita dan pesta pora. Nah bagaimana dengan tahun baru teman-teman meraputi?
Share di sini ya…

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です