Apakah Mahasiswa Asing diterima di Jepang?

N811_chirabattakokkicard

Hampir 60% mahasiswa di Jepang akan menerima mahasiswa asing di universitas mereka, meskipun menurut sebuah survei perasaan hangat mulai memudar di antara para senior mereka. Masahiro Yokota, profesor pendidikan “School of Global Japanese Studies” di Universitas Meiji, siswa-siswa dalam seminarnya melakukan survei pada mahasiswa di 15 perguruan tinggi (empat nasional dan 11 swasta) dari Mei hingga Oktober tahun lalu. Sejumlah 1.996 siswa mereka (914 laki-laki dan 1.082 perempuan) memberikan tanggapan yang valid. Mengenai mahasiswa asing, 58,8% responden mengatakan, “Saya sangat ingin menerima mereka,” atau “Saya ingin menerima mereka untuk beberapa tingkatan.

“Di sisi lain, 7,4% menjawab, “Saya sama sekali tidak mau menerima mereka, “atau “Saya sangat tidak mau menerima mereka”. Banyak dari responden positif berkata, “Saya akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bahasa asing” dan “Mereka( mahasiswa asing )akan menjadi insentif bagi saya untuk membangun jaringan bisnis global”. Mereka yang tidak ingin menyambut mahasiswa asing mengatakan, “Masalah akan meningkat antara budaya yang berbeda” dan “mereka akan membuat mahasiswa Jepang lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan”. Kuesioner meminta responden untuk menunjukkan tingkat ketertarikan mereka dalam penerimaan mahasiswa asing dari angka 1 sampai 5, dan angka 5 menjadi ukuran bagi tingkatan “sangat diterima”.

Angka rata-rata yang didapat dari mahasiswa yang tertinggi yaitu 3,81 poin. Angka tersebut menurun menjadi 3,72 poin di kalangan mahasiswi, dan turun lagi ke 3,59 poin di kalangan junior. Namun, naik sedikit menjadi 3,65 poin diantara para senior. “Para senior harus memikirkan persiapan untuk peluang kerja mereka. Mereka sudah kehilangan minat terhadap mahasiswa asing, tidak seperti pada masa-masa mereka masih junior dan beranjak menjadi senior” kata Yokota dari kecenderungan penurunan angka tersebut.

URL:http://ajw.asahi.com/article/behind_news/social_affairs/AJ201207070032

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です