3.Choosing a School

Choosing-a-School

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi kepada teman-teman tentang bagaimana memilih sekolah di Jepang. Di Jepang, ada 400 lebih sekolah/universitas yang mempunyai jurusan bahasa Jepang tetapi di sini kita harus cerdas memilih sekolah bahasa Jepang yang cocok untuk kondisi kita dan yang mampu memberikan apa yang kita harapkan atau yang ingin kita capai ketika berada di Jepang. Sulit untuk mengetahui sekolah mana yang bagus dan mana yang tidak bagi kita sebagai orang Indonesia mengingat tidak ada sistem rangking yang menyatakan sekolah bagus di Jepang dan tidak ada indikasi khusus yang membedakan antara sekolah yang bagus dan yang tidak.

Beberapa waktu yang lalu, saya mengunjungi acara “Japan Education fair” di Jakarta dan ada banyak sekolah dari Jepang ikut berpartisipasi, di sini kita bisa mendapatkan informasi tentang belajar di Jepang tetapi informasi yang tersedia hanya dari beberapa sekolah/universitas saja. Dalam hal ini, saya memilih sekolah untuk belajar bahasa Jepang di Kyushu, pulau bagian selatan Jepang. Alasan saya memilih Kyushu sebagai tempat belajar berdasarkan 3 kriteria, yang Pertama adalah “Biaya Hidup”, biaya hidup di Kyushu jauh lebih murah dibandingkan di kota besar seperti Tokyo atau Osaka. yang kedua adalah “Study Plan” (target belajar), target saya belajar bahasa Jepang selama 1 tahun di Kyushu adalah lulus JLPT N1 atau minimal N2.

Hal ini tentunya juga menjadi faktor penting bagi teman-teman untuk memilih sekolah yang bisa memfasilitasi kita untuk mencapai target tersebut. Yang Ketiga yaitu “Tempat”, saya memutuskan untuk belajar di kyushu karena saya dengar di Kyushu suhunya lebih hangat ketika musim dingin, sehingga akan lebih nyaman bagi kita sebagai orang indonesia dan tidak sering gempa dibandingkan dengan area lain, masyarakatnya juga sangat ramah dan bersahabat.

2 comments

    • meraputi
      Author

      Konnichiwa, Ifha-san
      JLPT itu adalah japanese language proficiency test, atau tes uji kemampuan berbahasa jepang, dalam bahasa jepangnya adalah Noryoku shiken, N1 adalah sertifikat tes JLPT yang paling tinggi/terbaik, ada N1,N2,N3,N4 dan yang terendah adalah N5.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です