Arubaito di Jepang bagi Mahasiswa Asing

Arubaito

Arubaito adalah kerja paruh waktu atau kerja sampingan, diambil dari bahasa Jerman “arbeiten” dan dikenal sebagai part time job dalam bahasa Inggris. Di Jepang, arubaito sangat populer di kalangan pelajar/mahasiswa, ini merupakan salah satu upaya pemerintah Jepang untuk membantu rakyatnya secara financial agar terus melanjutkan pendidikan sehingga member kebijakan kepada perusahaan-perusahaan di Jepang untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk arubaito.

Kebijakan arubaito ini juga berlaku untuk mahasiswa asing yang sedang belajar di Jepang, namun untuk mahasiswa asing jumlah jam kerja dibatasi hanya 28jam/minggu. Hal ini diberlakukan agar tidak mengganggu konsentrasi belajar selama di Jepang.

Untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu bagi mahasiswa asing di Jepang, syarat wajib yang harus dipenuhi adalah mampu berbahasa Jepang. Jika tidak menguasai bahasa Jepang maka akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan di Jepang. Sebelum melakukan kerja paruh waktu di Jepang, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Membuat ijin bekerja di imigrasi terdekat dari tempat menetap/tinggal di Jepang

※Ijin ini berupa sticker yang ditempelkan di paspor dan berlaku sampai dengan habisnya masa aktif visa.

2. Mencari informasi tentang lowongan kerja arubaito

※Informasi tentang arubaito bisa didapat dari teman, sensei, internet atau majalah yang tersedia di kombini/minimarket seperti majalah Townwork (タウンワーク) dan Jobaidem(ジョブアイデム) dll…

3.Memilih jenis pekerjaan yang diinginkan

※Ada banyak jenis pekerjaan untuk arubaito di Jepang seperti waitress, penjaga toko/minimarket/toko roti, cleaning service, loper koran, mengajar privat bahasa inggris atau bahasa asing.

4.Mendapat panggilan kerja (interview)

※Wawancara dalam bahasa Jepang dan biasanya dilakukan untuk mengetahui seberapa mahir mahasiswa asing dalam berbahasa Jepang.

5.Memulai arubaito

※Setelah diterima maka saatnya untuk memulai arubaito.

Kerja paruh waktu di Jepang biasanya digaji berkisar JPY700 – JPY1000, tergantung jenis pekerjaan dan tempat/wilayah bekerja. Kebanyakan mahasiswa asing di Jepang melakukan arubaito karena alasan yang berbeda-beda, yaitu:

1. Menambah pemasukan sebagai tambahan biaya hidup selama di Jepang

2. Untuk mengusir rasa bosan berada sendiri di asrama/apato atau hanya untuk mengisi waktu luang

3. Untuk mendapatkan pengalaman bekerja di Jepang yang bisa menambah daftar pengalaman kerja di CV

4. Bekerja sambil belajar, melalui arubaito bisa mendapat pembelajaran mengenai budaya kerja Jepang, tata karma dan bahasa Jepang

Kerja paruh waktu memang member manfaat yang banyak bagi anak-anak muda Jepang dan juga mahasiswa asing di Jepang yang mengajarkan tentang kedisiplinan, tanggung jawab dan juga kerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang diinginkan.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

newspaper templates - theme rewards