Aturan Membuang Sampah di Jepang

Cara-membuang-sampah-di-Jepang

Di Indonesia, biasanya sampah hasil rumah tangga dibuang di dalam kantong plastik lalu ditempatkan di kotak pembuangan sampah yang nantinya akan diambil oleh petugas kebersihan setiap harinya. Namun lain halnya di Jepang, pemerintah Jepang menerapkan peraturan ketat tentang membuang sampah di Jepang. Mulai dari memilih sampah yang akan dibuang berdasarkan beberapa kategori, membungkus sampah menurut jenisnya hingga waktu untuk membuang sampah.

Sebelum membuang sampah kita sebaiknya membeli kantong plastik untuk sampah yang tersedia di supermarket. Kantong plastik tersebut ada yang berwarna hijau untuk sampah yang masih bisa diolah secara alami / organik (moerugomi) dan warna putih untuk sampah yang tidak bisa diolah secara alami / anorganik (moenaigomi). Tapi, dua warna ini tidak berlaku di semua wilayah karena setiap wilayah memiliki warna tersendiri untuk membedakan kedua jenis sampah tersebut. Begitu juga halnya plastik sampah yang dibeli di Tokyo tidak bisa digunakan di Hokkaido karena masing-masing kota memiliki plastik sampah sendiri-sendiri.

Jenis-jenis Sampah:
1.Moerugomi (Sampah yang masih bisa diolah secara alami)
Terdiri dari sampah rumah tangga, seperti : sampah dapur, foto, pampers, potongan kayu, dan bantal. Untuk sampah dapur (sampah makanan, kulit buah, dll) buang airnya terlebih dahulu atau diperas, lalu kemudian masukkan ke dalam kantong sampah.

2.Moenaigomi (Sampah yang tidak bisa diolah secara alami)
terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
•Sampah kaleng: kaleng minuman, makanan kaleng, dan kaleng spray.
•Botol minuman: botol plastik minuman, botol kaca yang dipisahkan berdasarkan warna.

•Botol minyak goreng.

•Wadah plastik: cup bekas mie instan, tutup botol plastik, botol shampo, dll.

•Benda besi dan alat elektronik skala kecil: panci, hairdryer, karpet listrik, kipas angin, jam, dll.

•Benda-benda yang mengandung unsur kimia: baterai, lampu, termometer, dll.

•Sampah kertas: majalah, koran, komik, dan kardus. Usahakan agar sampah jenis ini terlebih dahulu diikat dengan tali agar rapi.

•Benda plastik Olahan: mainan yang terbuat dari plastik, kotak cd, ember, sikat gigi, pemantik api, dll. Jika ada sampah pemantik api, dianjurkan untuk membuang sisa gas yang tersisa untuk mencegah terjadinya kebakaran.

•Benda kaca olahan: cawan, gelas, lampu, botol kosmetik, dll. Untuk sampah pecahan kaca diharuskan untuk di bungkus terlebih dahulu dengan kertas dan menuliskan kata kiken (bahaya) di permukaannya.

Jadwal Membuang Sampah

Di Jepang tidak setiap hari kita bisa membuang sampah, kita harus membuang sampah sesuai dengan jenisnya dan jadwal pembuangannya. Sampah moerugomi biasanya dibuang dua kali seminggu dan sampah moenaigomi jenis plastic biasa dibuang seminggu sekali. Namun jadwal ini juga tergantung setiap kota atau daerah, karena setiap kota memiliki jadwal yang berbeda-beda dalam membuang sampah.

Sampah Khusus dan Cara Membuangnya

Di Jepang ada juga istilah sampah khusus atau sampah yang tidak bisa dibuang secara gratis. Jadi kita harus membayar untuk membuang sampah? Iya, benar. Jenis sampah seperti lemari, meja, kursi, TV, komputer, AC, kulkas, microwave, dll, yang sudah jelas hukumnya tidak bisa dibuang ditempat biasa. Jika kita ingin membuang benda-benda seperti itu, kita harus melihat kembali jadwal pembuangan sampah barang besar yang telah diberikan pemerintah setempat. Dan kita harus membeli kupon untuk membuang sampah, harganya pun bervariasi tergantung jenis barang yang ingin dibuang lalu kupon tersebut ditempel di barang yang hendak dibuang sebagai bukti kita membuang sampah secara legal.

Namun, ada cara lain jika kita hendak membuang sampah jenis ini tanpa membeli kupon, kita bisa membuangnya di toko barang bekas atau ”Recycle Shop”. Jika barang yang ingin kita buang masih bagus dan berumur dibawah 5 tahun maka mungkin kita bisa mendapatkan uang dari barang tersebut namun jika barang yang ingin kita buang sudah rusak/tua dan berumur lebih dari 5 tahun maka kita tidak akan mendapatkan uang atau bahkan mungkin harus membayar kepada Recycle Shop.

コメントを残す

メールアドレスが公開されることはありません。 * が付いている欄は必須項目です

newspaper templates - theme rewards